Peksos Go To School di SMK Al Falah Leces

Peksos Go To School di SMK Al Falah Leces

Probolinggo (Selasa,03/12/2019)Kementerian Sosial dalam hal ini Sakti Peksos Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang pencegahan kekerasaan pada anak dengan membawa program “Peksos Go To School “. Dengan dihadiri sebanyak 25 siswa yang dihadiri perwakilan kelas satu, dua dan tiga. 25 siswa tersebut sangat antusias dalam kegiatan yang diadakan oleh Kementerian sosial dalam hal ini Sakti Peksos.

 Azwin Syahrul Rizal sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa program Peksos Go To School ( PGTS )adalah merupakan program dari kementerian sosial untuk mengenalkan kepada siswa tentang permasalahan-permasalahan yang sering muncul di lingkungan sekolah. Karena untuk permasalahan dilingkungan sekolah sangat bermacam-macam, seperti bullying atau perundungan, ekspoitasi, pronografi, kekerasan seksual dan lain-lain. Dengan adanya permasalahan tersebut Kementerian Sosial dalam hal ini menugaskan Sakti Peksos Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo untuk melakukan tindak pencegahan dan penanganan sebelum dan sesudah terjadi kekerasan dalam kasus anak di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini Sakti Peksos melakukan metode kegiatan dengan ceramah. Jika di suatu Sekolah yang didalamnya ada siswa-siswi yang mondok yang di pesantren, jika terjadi sesuatu kekerasan maka Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo siap untuk mendampingi klien dan membantu mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kepolisian UPPA, LPA dan DP2KB serta dinas yang lainnya. 
“Jadi anak – anak yang mengalami masalah baik kekerasan seksual, anak-anak yang mengalami masalah dengan hukum (ABH), masalah dengan keluarga, dan banyak lagi permasalahan lainnya terkait anak dan keluarga kami siap mendampingi dan jangan takut untuk melapor kepada orang tua atau guru “ kata mas Azwin yang sekarang ini sebagai salah  satu Pekerja Sosial Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

 

Bapak Sukardi sebagai ketua Pembina Yayasan dalam sambutannya menyampaikan kepada anak anak atau siswa SMK Al Falah untuk bisa menjaga diri terutama untuk anak perempuan, karena ada hal – hal yang tidak boleh disentuh. Jangan sampai ada hal hal yang tidak di inginkan bisa terjadi di SMK Al Falah dan berharap kegiatan ini terus dilakukan sebagai upaya untuk melakukan pencegahan dini di lingkungan sekolah dan berharap Pemerintah daerah dapat mengembangkan program yang bermanfaat bagi Perlindungan anak. “ harap bapak Sukardi.
Di akhir kegiatan dilakukan foto bersama dan mengucapkan yel yel “ Stop kekerasan pada anak “ ( oman )